Senin, 26 Desember 2011

Keuntungan Sistem Budidaya Kakao Organik

Gerakan pertanian organik terus berkembang seiring dengan meningkatnya permintaan pasar akan produk organik. Begitu juga halnya dengan kakao organik. Bagi para konsumen coklat (makanan/minuman dari kakao), coklat yang dibuat dari kakao organik menjadi incaran dan paling diminati.

Harga beli coklat yang berasal dari kakao organik juga lebih tinggi daripada coklat .

Sistem budidaya yang ramah lingkungan.
Inti dari pertanian organik adalah suatu pertanian yang ramah lingkungan dan tidak merusak alam, makanya dalam pertanian organik, pemakaian asupan berupa bahan-bahan kimia tidak diperbolehkan. Hal ini didasarkan pada pemikiran pemakaian bahan-bahan kimia tersebuat akan merusak tanaman itu sendiri, kontaminasi tanah yang intinya akan berbahaya bagi lingkungan. Sistem pertanian organik juga tidak membenarkan adanya pembukaan lahan baru dengan membakar hutan ataupun di daerah hutan yang dilindungi.

Biaya produksi yang relatif lebih murah.
Dengan sistem budidaya organik, petani tidak perlu lagi membeli pupuk ataupun pestisida, herbisida atau asupan lainnya. Semua asupan itu bisa dibuat sendiri oleh petani dengan biaya yang relatif lebih murah, sebut saja untuk pupuk. Petani bisa memanfaatkan kotoran hewan sebagai bahan utama untuk membuat pupuk.

Tidak merusak kesehatan.
Penggunaan asupan kimia pada tanaman kakao secara tidak langsung akan menghasilkan buah kakao yang juga mengandung bahan kimia sehingga akan merugikan kesehatan bila kita mengkonsumsinya, begitu juga halnya dengan tanaman yang lain. Penggunaan alat semprot dengan kandungan bahan kimia juga bisa merugikan kesehatan, karena pada umunya para petani sangat tidak peduli dengan keselamatan kerja. Seperti penggunaan sarung tangan ataupun masker.

Panen maksimal.
Sistem budidaya kakao organik sudah pasti akan menghasilkan panen yang maksimal karena tanaman akan akan diperlakukan secara alami tanpa bahan kimia. Tanaman kakao akan jauh lebih sehat, berumur panjang dan tahan terhadap hama penyakit.

Harga beli yang lebih tinggi.
Produk-produk makanan ataupun minuman yang terbuat dari bahan alami (organik) sangat disukai oleh konsumen karena lebih menyehatkan tubuh. Karena itu harganya juga lebih tinggi daripada produk biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GuestBook